pancaroba

Di kotaku, Medan, cuaca sangat panas. Menurutku suhu panasnya 36 derajat celcius. Tidak hanya aku, tapi semua orang berpendapat begitu. Saking panasnya, baju yang baru kukenakan sekejap saja basah dengan keringat. Sudah panas, gerah pula. Rasanya ingin mandi berkali-kali. Apalagi kalau bisa nyebur ke kolam renang atau sungai dengan gaya batu. Sebab aku tak pandai berenang dengan gaya kupu-kupu. Meskipun aku ini anak pantai, ayahku kapten kapal yang kerap mengarungi lautan, dan emak jago menyelam, tapi bermain-main di sungai, tetap tak diperkenankan. Jadilah aku berenang dalam bak kamar mandi yang berukuran 2×2 meter. Lebih tepat disebut berendam.

Kemudian, setelah panas di siang hari, maka akan turun hujan deras di sore hari hingga malam. Inilah disebut dengan musim Pancaroba. Hal itu karena seringnya terjadi perubahan cuaca dari terik matahari yang panas di musim kemarau, menjadi hujan lebat kadang disertai petir dan angin ribut dengan udara yang benar-benar dingin. Demikian sebaliknya, suhu udara jadi sering berganti. Pagi dan malam hari yang biasanya dingin menjadi terasa sangat panas. Perubahan cuaca yang drastis ini tentu saja membuat tubuh harus pandai beradaptasi dengan cuaca, harus pintar pula mencari posisi nyaman ketika mau tidur.

Sungguh, cuaca panas ini membuat kepalaku pusing dan kulitku bertambah hitam. Kalau menurut Beyonce dan Mariah Carrey, kulit hitamku ini disebut sexy. Bahkan mereka sering mengirimiku pesan sekedar bertanya bagaimana caranya mendapatkan kulit hitam natural. Jawabnya, tentu saja ditularkan oleh ayahku yang tampan itu.

Btw, apa di kota kalian juga mengalami musim pancaroba? Sampai kapan musim ini akan berlalu ya. Ataukah alam sedang marah karena manusia tak lagi ramah? Answer it urself..

2 pemikiran pada “pancaroba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s