“I am what I am, you don’t have to like me”

Lingkungan di sekitar saya kerap menginginkan saya seperti apa, bagaimana, dan harus jadi apa. Mereka menginginkan saya menjadi seperti mereka mau. Terkadang mereka juga memaksa saya berbicara sesuai dengan apa yang mereka ucapkan. Mereka mengintervensi saya, tidak membiarkan saya memberikan alasan, sebab mereka telah menyiapkan alasan buat saya jadikan jawaban.

Untungnya, watak keras yang saya miliki, berkali-kali menyelamatkan saya dari kungkungan ke-arogansian itu. Untungnya, saya cukup percaya diri pada siapa saya, dengan apa yang saya miliki, berikut kelebihan dan kekurangan saya. Untungnya lagi, kesederhanaan yang saya punya menghindarkan saya dari cengkraman pribadi-pribadi sok kuasa dan sok bijaksana.

Perlu diketahui, saya tidak memaksa teman, kawan, lawan, sahabat, sodara, untuk menjadikan saya partner hidup. Tak pernah pula saya meminta untuk menyukai pribadi saya. Lebih kurang 230 juta jiwa masyarakat Indonesia, merupakan pilihan untuk dijadikan kawan.

Seorang supermodel kulit hitam, Naomi Campbell berkata “I am what I am, you don’t have to like me”

Tapi, tentu saja banyak dari kita tidak siap menerima pernyataan diatas. Sebab sikap sok kuasa, sok bijaksana, dan kelakuan mengintervensi itu masih betah hinggap di diri masyarakat. Justifikasi masih bertahan pada diri. Anggap saja itu wajar, sebab masyarakat belum tuntas belajar. Dan saya pun turut memaklumi.

“…kebijaksanaan tidak dapat dikomunikasikan. Pengetahuan dapat dikomunikasikan, tapi kebijaksanaan tidak. Kita dapat menemukannya, hidup dengannya, diperkuat olehnya, menciptakan keajaiban melaluinya, tapi kita tak dapat mengkomunikasikan dan mengajarkannya…”

Terimakasih, sama-sama.. ^_^

cheers..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s