triple filter test

Seharusnya, manusia dapat menahan mulut dari membicarakan dan menjelek-jelekkan orang lain. Seharusnya, manusia dapat mengontrol duga dan prasangka terhadapa saudaranya. Seharusnya, manusia tidak dan bahkan berhenti melakukan fitnah. Terlebih jika yang dibicarakan tersebut belum jelas kebenaran dan faktanya. Sebab, Allah menciptakan mulut manusia itu hanya satu, tak lain karena Allah memperingatkan hambaNya agar tak banyak bicara apalagi bicara dusta.

Namun sejatinya, manusia sulit mengontrol mulutnya, dalam artian, gemar menggunjing. Ketika ada saudaranya yang ia dengar melakukan kebaikan, ia menggunjing. Ketika juga saudara tersebut melakukan kejahatan atau kemaksiatan, ia lebih hebat menggunjing. Dan ketika saudara tersebut bertobat dari kejahatan, keburukan dan kemaksiatan, masih saja ia menggunjing.

Padahal Rasulullah pun telah menegaskan dalam hadits riwayat Muslim ( hadits no.4690 ):

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Ayyub dan Qutaibah dan Ibnu Hujr mereka berkata; Telah menceritakan kepada kami Isma’il dari Al A’laa dari Bapaknya dari AbuHurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bertanya:

“Tahukah kamu, apakah ghibah itu?” Para sahabat menjawab; ‘Allah danRasul-Nya lebih tahu.’ Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallambersabda: ‘Ghibah adalah kamu membicarakan saudaramu mengenai sesuatu yang tidak ia sukai dan yang tidak benar ada padanya.’ Seseorang bertanya; ‘Ya Rasulullah, bagaimanakah menurut engkau apabila orang yang saya bicarakan itu memang sesuai dengan yang saya ucapkan? ‘ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallamberkata: ‘Apabila benar apa yang kamu bicarakan itu ada padanya, maka berarti kamu telah menggunjingnya. Dan apabila yang kamu bicarakan itu tidak ada padanya, maka berarti kamu telah membuat-buat kebohongan terhadapnya.’

Sahabat, Ada satu kisah bijaksana yang pernah disampaikan oleh guru saya Socrates.

Di Yunani kuno, Socrates terkenal memiliki pengetahuan yang tinggi dan sangat terhormat. Suatu hari seorang kenalannya bertemu dengan filsuf besar itu dan berkata,

“Tahukah Anda apa yang saya dengar tentang teman Anda?”

“Tunggu beberapa menit,” Socrates menjawab.

“Sebelum Anda menceritakan apapun pada saya, saya akan meberikan suatu test sederhana. Ini disebut Triple Filter Test.”

“Triple filter Test?” tanya kenalannya.

“Benar,” kata Socrates.

“Sebelum kita bicara tentang teman saya, saya kira bagus kalau kita mengambil waktu beberapa saat dan menyaring apa yang akan Anda katakan. Itulah sebabnya saya menyebutnya triple filter test.”

Filter petama adalah KEBENARAN.
“Apakah Anda yakin sepenuhnya bahwa yang akan Anda katakan pada saya benar?”

“Tidak,” jawab orang itu, “Sebenarnya saya hanya mendengar tentang itu.”

“Baik,” kata socrates. “Jadi Anda tidak yakin bila itu benar. Baiklah sekarang saya berikan filter yang kedua,

filter kedua adalah KEBAIKAN.
Apakah yang akan Anda katakan tentang teman saya itu sesuatu yang baik?”

“Tidak, malah sebaliknya.. .”

“Jadi,” Socrates melanjutkan, “Anda akan berbicara tentang sesuatu yang buruk tentang dia, tetapi Anda tidak yakin apakah itu benar. Anda masih memiliki satu kesempatan lagi karena masih ada satu filter lagi,

yaitu filter KEGUNAAN.
Apakah yang akan Anda katakan pada saya tentang teman saya itu berguna bagi saya?”

“Tidak, sama sekali tidak.” jawabnya.

“Jadi,” Socrates menyimpulkan, “bila Anda ingin mengatakan sesuatu yang belum tentu benar , buruk dan bahkan tidak berguna, mengapa Anda harus mengatakannya kepada saya?”

Jadi sahabat, mari gunakan triple filter test setiap kali kita mendengar sesuatu tentang kawan dekat atau kawan yang kita kasihi atau siapapun sebelum menyebarkan Gosip….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s