Agar mimpi tak sebatas ilusi, agar cita-cita tak sekedar cerita

Memiliki impian dan cita-cita yang besar sah-sah saja. Tak menyalah dan tak ada yang salah. Akan tetapi, mesti dibarengi dengan kerja yang besar pula. Gigih, semangat dan pantang menyerah. Bukan hanya duduk diam dan memimpi-mimpikan agar mimpi itu terwujud sendiri. Hal yang tidak mungkin kiranya terjadi.

Mimpi harus dikejar. Cita-cita harus di raih. Niat harus bulat. Tak setengah-setengah dalam berbuat. Jika setiap perbuatan dilakukan setengah-setengah saja, maka alamatlah mimpi hanya sebatas ilusi, cita-cita hanya sekedar cerita.

Analogikan saja seperti menyeberang di jalan raya, yang padat sesak penuh kenderaan. Ketika akan menyeberang, pikirkan dan lakukanlah dengan niat bulat untuk menyeberang. Tidak setengah-setengah agar tidak tertabrak oleh para pengguna kendaraan. Focus berjalan supaya selamat sampai tujuan. Bagaimana jika dilakukan setengah-setengah? Silakan saja. Tapi, terimalah akibatnya. Kalau tidak tertabrak, maka akan dicaci maki oleh pengguna kenderaan yang tak pernah berhenti bergerak.

Begitu juga dalam mengejar mimpi dan cita-cita. Ketika cita-cita sudah terpatri di dalam hati, jangan pernah menyerah walau halangan dan rintangan telah siap menanti. Bolehkah berhenti? Tentu saja. Sebab diperlukan jeda untuk mengobati diri ketika terasa lelah mengejar mimpi. Berhenti sekejap saja, bukan selamanya. Setelah itu, kembalilah bersiap menata impian dan cita-cita. Bagaimana jika terjatuh? Segeralah bangun meski terjatuh, lagi dan lagi. Bukankan ketika memutuskan hidup di dunia lebih dahulu kita menjalani proses ini: menangis, membuka mata, merangkak, kemudian berjalan? Bukan langsung berlari.

Oleh sebab itu, ketika jatuh, atur langkah dan strategi untuk berjalan kembali. Jangan biarkan diri larut dengan kesedihan serta lama-lama bersedih dengan penderitaan dan kekalahan. Sebab Nakhoda yang besar lahir dari terjangan ombak yang besar.

Yang terpenting dalam hidup adalah niat dan tekad yang bulat, serta focus dalam pikiran dan tindakan untuk meraih tujuan. Satu hal lagi, jangan lupa berdoa. Seperti firmanNya dalam surah Surah Al-Mu’min ayat 60: “Mintalah kepada-Ku, niscaya akan Kukabulkan permintaanmu”

Karena itulah mimpi dan cita-cita bisa tercapai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s